Selasa, 26 April 2011

Ambulu, Jember

Jadi teringat ketika aku masih kecil dulu diajak rekreasi bude ke pantai watu ulo Ambulu naik lin kuning dari kota Ambulu Menuju Watu Ulo.Tapi sekarang lin kuning sudah tidak beroperasi lagi deh mungkin karena rugi ya.

Ambulu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Wilayah selatan kecamatan ini berbatasan dengan Samudra Hindia. Salah satu pantai yang terkenal di Ambulu adalah Pantai Watu Ulo. Kecamatan Ambulu mempunyai luas wilayah 104,56 Km2 dengan ketinggian rata-rata 18 m dari atas permukaan laut. Kecamatan Ambulu terdiri dari 7 desa yaitu : Sumber Rejo, Andong Sari, Sabrang, Tegalsari, Ambulu, Pontang, Karanganyar, dengan jumlah Dusun 27 buah, RW 193 RW dan RT 608 RT. Seluruh Desa berkualifikasi Desa Swakarya. Jumlah Penduduk : 98.407 Pendidikan: Terdiri dari 52 SD, 13 SMP, dan 11 SMA (sederajat)dan 3 PT. terdiri dari 15 Bank termasuk Bank MAndiri, BCA,BRI,Danamon,, 58 Koperasi, 1 KUD, 8 pasar, dan 9 PT/CV

Ambulu, merupakan kota kecil. Akan tetapi merupakan kota kecamatan teramai di kabupaten jember. Ambulu juga menjadi barometer musik. Artinya, di kota kecil ini pertunjukan musik sekelas nasional sering digelar. Ambulu juga merupakan kota kesenian. Di bandingkan dengan kecamatan lain di kabupaten Jember, Ambulu memiliki banyak bermacam-macam kesenian. Reog Ponorogo, jaranan, Jaran Kencak, Wayang kulit, topeng madura, sandur,janger, ludruk dan lain-lain.Hal ini bisa dimaklumi karena masyarakat Ambulu berasal dari berbagai sub kultur di Jawa Timur, mulai suku Osing-Banyuwangi, Madura, Ponorogo, dan Blitar. Karena itu di sana tersedia alat transportasi (bus umum) ke berbagai jurusan.

Di kota Ambulu ada gunung kecil (bukit) yang dinamakan "Gunung Watu Pecah". Dinamakan watu pecah dalam Bahasa Jawa (Bahasa Indonesia: batu pecah) karena di salah satu puncaknya terdapat batu besar yang terbelah dua. Bukit ini banyak dikunjungi oleh masyarakat sekitarnya untuk kegiatan olahraga dan rekreasi. Selain hawanya sejuk, dapat pula memandang indahnya Kota Ambulu dan sekitarnya dengan terlebih dahulu memanjat gunung batu ini.Ditimur Lereng Bukit ini saat ini telah dibangun Proyek Kolam Renang(Water Boom) oleh seorang Investor Lokal Ambulu.

Ambulu juga memiliki tempat wisata yang indah, yaitu Pantai Watu Ulo (Bahasa Indonesia: "batu ular"). Berjarak sekitar 10 km dari kota Ambulu, atau 35 km dari pusat kota Jember. Pada hari minggu dan libur panjang tempat ini luar biasa ramainya.Sayangnya di Ambulu belum terdapat tempat penginapan atau hotel. Konon sekitar tahun 1990-an, hotel satu-satunya yang ada diPantai Watu Ulo ini sudah tidak beroperasi lagi,Adapun Hotel terdekat yaitu diPapuma yang merupakan Teritorial Kecamatan Wuluhan.

Ditahun 2009 hadir komunitas wireless untuk memberikan sosialisasi iptek dan layanan Internet murah untuk masyarakat yaitu komunitas nyentrik.com yang diprakarsai oleh pemuda setempat.


Masyarakat Ambulu boleh share disini melalui komentar dibawah ini tentang Apa-apa yang menarik atau unik tentang kotaAmbulu.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Informasi Jember Dan Sekitarnya. Design by Wpthemedesigner. Converted To Blogger Template By Anshul Tested by Blogger Templates.